11 Langkah Tepat Menjadi Youtuber Sekaligus Pengusaha Online

11 LANGKAH TEPAT

Baik untuk channel masih 0 subscriber maupun yang sudah mulai, panduan ini berisi langkah-langkah untuk membuat channel YouTube-mu berkembang lebih cepat selain itu bisa kamu manfaatkan untuk media jualan juga, intinya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

11 Cara Tepat Jadi Youtuber Sekaligus Pengusaha

1. Pahami Keinginan Youtube

YouTube menyukai saat kita upload video yang dilihat orang dan kemudian 
membuat orang tersebut betah berlama-lama berada di YouTube untuk menonton video lainnya.
CATAT!
Jika kamu dapat memenuhi keinginan 
YouTube ini, maka algoritma YouTube 
akan merekomendasikan videomu ke 
lebih banyak orang dan channel mu 
akan berkembang. 
Intinya kamu konsisten buat video dan kalau bisa kamu jadwalkan kapan membuat video dan kapan waktu terbaik untuk upload video YouTube mu.
2. Pilih jenis channel atau Niche
YouTube butuh kejelasan tentang channel mu. Secara dasar bahwa YouTube membutuhkan informasi yang jelas tentang channelmu isinya apa, agar Algoritma YouTube paham channelmu akan ditonton oleh siapa.
INGAT!
CHANNEL CAMPUR-CAMPUR 
NGGAK AKAN BERHASIL
Misalnya channelmu awalnya membahasa tentang memancing, dan kemudian kamu membuat video lain berisi review HP atau lain sebagainya. Apa yang akan terjadi? Algoritma YouTube akan menawarkan video HP mu tadi ke subscriber/ penontonmu sebelumnya. Mungkin mereka akan mengklik, tetapi sebagian besar kemungkinan mereka tidak akan menghiraukan, karena awal mereka subscribe untuk menonton video mancingmu bukan video review HP mu nah, jika hal itu terjadi, maka video-videomu akan saling melemahkan. Channelmu tidak akan berkembang dan mati pelan-pelan. Penonton baru juga enggan untuk subscribe.
Intinya sebelum kamu buat sebuah video pastikan dulu Niche channel mu benar-benar sesuai dan cocok dengan karakter yang akan kamu sampaikan nantinya, sebagai contoh ni, aku buat video yang membahas tentang seputar peluang usaha, darisini, aku sudah tau apa yang akan aku lakukan, kebetulan aku juga sebagai pebisnis online di Treninet, sambil buat video aku juga review produk dan menawarkan usaha sampingan modal hp dan bisa dikerjakan dari rumah, dan sebagai contoh kamu bisa lihat DISINI , seperti apa sih caranya.
3. Fokuslah Pada Video Mu
Jika kamu hanya fokus pada strategi sebelum kamu menentukan seperti apa konten yang akan kamu buat, maka kamu akan melupakan hal yang paling penting. PENONTONMU.
PELAN-PELAN
Dari pada ingin sempurna semua dari awal, lebih baik bertahap untuk tiap pembuatan video Kamu gak usah terlalu banyak mikir, gak usah terlalu memikirkan alat pelengkap YouTube mu, jalan saja dahulu gunakan alat yang ada, saran aku, jika kamu ada niat untuk membesarkan YouTube mu dan bisnismu kuncinya konsisten, nantinya jika video YouTube mu sudah berkembang, orderan bisnis juga jalan, maka, kamu bisa menambah pelengkap sempurna videomu.
BERKEMBANG
Kamu akan berkembang seiring dengan channelmu. Jangan terlalu membandingkan dengan channel yang sudah besar. Mereka dulu juga sama seperti kita, mulai benar-benar dari 0. Aku sarankan kamu, buat channel yang membahas soal bisnis, sebab, selain channel berkembang bisnis mu juga akan ikut berkembang, jadi kamu secara otomatis akan memiliki dua keuntungan.
4. Memanfaatkan yang ada
Seperti pembahasan yang nomor 3 tadi diatas, kamu gak usah terlalu memikirkan bagaimana-bagaimana video ku, intinya gunakan alat yang ada, narasi pada video mu lebih penting agar subscriber/audience paham betul apa yang kamu sampaikan.
PENTING
Kita cenderung untuk membeli alat-alat 
baru karena merasa jadi YouTuber. Padahal belum tentu butuh dan belum mampu.
Kamu bisa mengembangkan alatmu setelah kamu bisa paham apa yang diinginkan nantinya.
5. Pahami Betul Darimana Videomu Akan Di tonton
  • PENCARIAN/SEARCH
FAKTOR UNTUK MENDAPATKAN REKOMENDASI:
Waktu Tonton, Retensi Penonton & CTR
  • REKOMENDASI
Setiap hari orang menggunakan kolom pencarian untuk mencari video. Manfaatkan hal ini dengan membuat videomu mendapatkan ranking di pencarian. Yang harus dilakukan 
adalah melakukan riset keyword (SEO) yang akan dipasang di data video saat upload, nah Ketika channelmu mulai berkembang, YouTube akan mulai merekomendasikan videomu. Cara mereka merekomendasikan adalah dengan menawarkan ke penonton 
yang satu minat dan biasa menikmati video yang sejenis dengan videomu.
6. Lakukan Riset Kata Kunci (SEO)
  • KEYWORD
Kata kunci/keyword adalah sebuah kata atau kalimat yang akan menjelaskan isi tentang konten videomu.
Riset kata kunci adalah mencari tahu kata kunci yang sering orang gunakan saat mencari sebuah video di YouTube.
Riset Kata Kunci
Tanpa menggunakan keyword, kita seperti menembak dalam gelap, percayalah, tidak akan kena sasaran. Cara mudah meriset kata kunci adalah dengan menggunakan tools. Aku sarankan menggunakan Tubebuddy. https://tubebuddy.com/riset kenapa aku sarankan kamu memakai tubebuddy, karena hampir 100% riset yang benar-benar kita bidik sesuai banget dengan target pasarnya. Apalagi disaat seperti ini orang lebih cenderung lihat atau cari referensi video tentang bisnis online, karena mereka ingin mencari tambahan penghasilan. Pasar yang gurih bila kita bisa memanfaatkan melalui media YouTube.
  • Gunakan Tools Tubebuddy
keyword yang nilai persaingannya kecil. Lihat bagian Search Result. Angka 370K artinya ada 370.000 video yang menggunakan keyword tersebut. Demikian juga dengan 117K. Semakin tinggi artinya semakin banyak pesaing. Dengan memilih yang hasil searchnya 117K, kita punya kesempatan untuk mendapatkan ranking di pencarian. Video lengkap mengenai riset keyword dapat dilihat disini:
Kamu juga bisa langsung unduh software nya ya
7. Gunakan Analitik Penting di YT Studio.
  • Rasio klik-tayang dari tayangan / CTR
Menggambarkan seberapa besar videomu disimak atau tidak. Selidiki 
bagian yang drop dan naik. Ada apa dimenit tersebut. Gunakan untuk perbaikan di video selanjutnya.
  • Retensi penonton
Waktu tonton/watchtime adalah seberapa lama video kita bisa membuat orang betah berada di YouTube lihat videomu. Nilai ini bukan hanya dihitung dari lamanya orang menonton tapi juga faktor lain. Semakin video kita bisa membuat orang betah di YouTube. Maka Waktu tonton akan semakin bagus.
8. Buat Playlist
Kemana penonton setelah nonton videomu? Pastikan penonton setelah selesai melihat videomu bisa melanjutkan lagi pada video berikutnya: Bagaimana caranya?
Buatlah Playlist - Layar Akhir 
  • Kartu 
  • Deskripsi Video
  • Saat Share
9. Rutin Membiat Video
Membuat banyak video akan membuka kesempatan channel kita lebih cepat berkembang.
PENTING
KUALITAS tetap no 1. Pastikan dulu kamu bisa membuat video yang disukai penonton, baru kamu tingkatkan jumlah pembuatan video baru. Kualitas bagus jarang upload JANGAN!
Sering upload tapi asal JANGAN!
Kualitas bagus, sering upload. GOYANG MAANG??
10. Adanya Komunitas
Sebuah channel bisa berkembang saat dikerumuni oleh sekelompok orang dengan minat yang sama. Itulah Komunitas. Fokuslah dengan mereka yang telah mengikuti kamu berapapun jumlahnya. Berinteraksilah semaksimal mungkin kamu bisa. Jawab komen, like, kasih love dsb. Bergaulah dengan creator sejenis dan selevel dengan channelmu. Bekerja sama, collabs, berbagi informasi, akan membuat channel berkembang bersama.
11. Maju dan Jangan Kasih Kendor
Sukses di YouTube dan di bisnis perlu konsisten dan dedikasi. Kuncinya berani + konsisten + Actions = Sukses
Jangan memikirkan, penonton ku kok gak banyak ya, udah buat video terus konsisten, lakukan jangan banyak tapi dan nanti ya, pokoknya Action, suatu saat pada waktu yang bersamaan video dan bisnismu juga akan sama-sama berkembang.


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Unknown
    Unknown October 3, 2020 at 12:06 AM

    Wah artikelnya mantap banget min sangat membantu untuk kemajuan bisnis aku sekarang ini

  • Unknown
    Unknown February 12, 2021 at 2:58 PM

    Mantap

Add Comment
comment url