4 Cara Efektif Menaikkan Traffic Pengunjung Blog Meski Jarang Menulis

Cara Efektif Menaikkan Traffic Pengunjung blog Meski Jarang Nulis

4 Cara Efektif Menaikkan Traffic Pengunjung Blog

Nulis dan posting di blog secara rutin dan konsisten adalah salah satu kendala yang sering dihadapi seorang blogger. Terutama pada diriku sendiri saat awal-awal mau memulai bingung, Niche apa ya kira-kira yang bisa banget aku tuangkan kedalam blog aku tersebut.


tidak bisa dipungkiri anda blogger baru atau lama pasti sering mengalami rasa malas, tidak ada gagasan, bahkan kekurangan ide, tidak punya inspirasi atau tidak semangat untuk menulis postingan di blognya. Ibarat kata, kita nulis di blog seperti rok-rok asem, pas semangat, tiap hari nulis, tapi pas kebetulan males boro-boro buka blog saja males.


Selain itu bagi blogger yang memang gak punya latar belakang apapun dalam hobi menulis seperti saya, setiap hari rasanya kepengin berhenti ngeblog saja.


Dan sudah bukan rahasia lagi kalau semakin rajin posting biasanya pengunjung blog juga akan semakin meningkat. Tapi meskipun begitu bukan berarti rajin posting menjadi satu-satunya cara untuk meningkatkan pengunjung blog.


Anda tetap bisa meningkatkan pengunjung blog atau setidaknya membuat trafik pengunjung blog stabil meskipun jarang posting di blog. Nah ini yang perlu banget anda ketahui rahasianya.


Aku pernah lihat dan baca di blog Sugeng.ID ini adalah contoh sederhana sebuah blog yang jarang posting tapi hampir tidak pernah mengalami penurunan trafik pengunjung, bahkan setiap bulannya selalu mengalami peningkatan.


Apa rahasianya blog sugeng.id sukses ?


Langsung disimak aja di bawah ini.

  • Buat Evergreen Content

Maksud dari Evergreen Content di sini adalah sebuah konten (konten = postingan) yang tetap relavan meskipun dibaca kapan aja, atau bahasa gampangnya konten yang tidak gampang basi. Orang mudah memahami sekaligus bisa di praktekan.


Dan hampir sebagian besar postingan di blog ini adalah Evergreen Content yang tentunya menjadi alasan kenapa trafik blog ini stabil bahkan naik meskipun tidak pernah posting selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan.


Nah berikut ini adalah beberapa sample atau contoh artikel yang bisa disebut sebagai Evergreen Content

1. Artikel Tutorial atau Panduan

Artikel tutorial atau panduan ialah sebuah artikel yang memberikan edukasi serta mengajarkan langkah demi langkah untuk melakukan suatu hal.


Sebagai contoh artikel tutorial atau Panduan yang paling banyak dibaca di blog ini adalah :


2. Artikel Berupa Definisi

Pada blog ini bisa dibilang belum ada artikel jenis ini, tapi kedepannya saya ingin mengisi lebih banyak blog ini dengan artikel definisi.

Artikel definisi di sini maksudnya adalah sebuah artikel yang menjelaskan arti, maksud atau konsep dari suatu hal.

Sebagai contohnya topik blog ini adalah tentang blogging, maka saya bisa menulis artikel tentang “Apa itu Blog?”

Mungkin kamu bertanya-tanya, artikel definisi kan sudah ada lengkap di Wikipedia, ngapain bikin artikel model begini?

Memang sebagian besar artikel definisi bisa ditemukan di Wikipedia, tapi akan lebih cerdas jika kita bisa menjelaskan suatu hal dengan gaya bahasa kita sendiri. Jauh akan lebih keren

Pada umumnya kebanyakan orang malas baca Wikipedia karena gaya bahasa yang digunakan kurang enak dibaca dan susah untuk dipahami.


3. Artikel Daftar

Artikel daftar ini adalah jenis artikel favorit saya, yaitu artikel daftar. Artikel daftar adalah artikel yang menampilkan daftar dari suatu hal. Dan artikel jenis ini biasanya terdapat angka pada judulnya.


Berikut ini adalah beberapa contoh artikel daftar yang ada di blog ini:

4. Lain-lainnya

Tentunya masih banyak lagi jenis-jenis artikel lainnya yang bisa menjadi sebuah Evergreen Content.

Hal penting yang perlu diingat ketika membuat Evergreen Content adalah memastikan jika konten yang kita buat banyak yang mencarinya.

Percuma kalau kita bikin postingan yang tidak gampang basi tapi tidak ada peminatnya.

Di akhir kata ini pada kesimpulan bahwa jika menulis secara konsisten maka otomatis blog kita akan jauh lebih baik, jauh lebih sehat, dan makin banyak traffic ke blog kamu

Jika dalam hal diatas kamu belum bisa konsisten untuk menuangkan sebuah ide untuk menulis, kami bisa melakukan dengan merevisi blog yang pernah kamu tulis agar lebih elegan lagi untuk dinikmati para pembaca.

Lebih gencar lagi dengan promosikan blog kita, dengan share di media sosial yang kamu miliki, ini tentunya juga akan membantu orang kenal dengan blog kamu


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url